Gerhana Matahari Cincin : Masyarakat Diimbau Tidak Lakukan Ini

Masyarakat diimbau berhati-hati dengan kesehatan mata mereka saat menyaksikan fenomena gerhana matahari yang akan terjadi hari ini

Gerhana Matahari Cincin : Masyarakat Diimbau Tidak Lakukan Ini

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diimbau berhati-hati dengan kesehatan mata mereka saat menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin yang akan terjadi hari ini.

Salah satunya yakni dengan tidak melihat gerhana matahari dengan mata telanjang.

 "Kami meminta masyarakat tidak melihat gerhana matahari tanpa kacamata khusus," ujar Surjadi Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, seperti dikutip dari Tempo.co.

Ia melanjutkan, pemerintah daerah juga tidak menganjurkan masyarakat berinovasi memuat kacamata sendiri, "Ya berinovasi buat kacamata sendiri seperti dari berkas ronsen, klise film foto, dan lainnya," kata dia.

Surjadi menegaskan, cukup berbahaya ketika masyarakat melihat gerhana matahari cincin dengan mata telanjang atau menggunakan alat buatan sendiri.

Ia melanjutkan, Kota Tanjungpinang merupakan kota yang dilalui gerhana matahari cincin, diperkirakan mulai dari pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, 26 Desember 2019. Pemerintah Tanjungpinang bekerja sama dengan tim Bosscha ITB Bandung, "Selain itu mereka juga menggelar live streaming di Youtube," ujar Surjadi.

Selain di Tanjungpinang, gerhana matahari cincin juga bisa dilihat dari beberapa daerah di Kepri, seperti Karimun dan Batam. Sedangkan di Tanjungpinang, pusat pemantauan gerhana matahari cincin berada di Laman Boenda Monumen Gongong, Tanjungpinang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gerhana Matahari