Minum Cuka Apel Sebelum Tidur Bantu Turunkan Berat Badan?

Cuka apel merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya disebut mampu membantu menurunkan berat badan.

Minum Cuka Apel Sebelum Tidur Bantu Turunkan Berat Badan?

Bisnis.com, JAKARTA – Cuka apel merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya disebut mampu membantu menurunkan berat badan.  

Sejak zaman Yunani kuno, cuka dari buah apel telah menjadi salah satu bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh ahli kesehatan di masa lalu.

Cuka apel masih dimanfaatkan oleh masyarakat dan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahan makanan yang mengandung air, mineral, vitamin, dan sejumlah asam lainnya ini banyak dikonsumsi orang sebelum tidur.

Pada umumnya, ada beberapa manfaat cuka apel yang banyak diincar masyarakat untuk mendapatkan khasiatnya. Berikut tiga manfaat cuka apel bagi kesehatan, melansir informasi dari Medicaldaily

Pertama, membantu menurunkan gula darah

Cuka apel mampu memperlambat pengosongan perut sehingga mencegah lonjakan gula darah. Karena tubuh menggunakan autopilot, meminumnya sebelum tidur dapat bermanfaat bagi gula darah Anda.

Sebuah penelitian menyatakan, mengonsumsi dua sendok cuka apel sebelum tidur disebut dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes tipe 2 hingga 6 persen di pagi hari.

Kedua, berpotensi memiliki sifat antimikroba.

Cuka apel diklaim memiliki sifat antijamur dan antibakteri, terutama disebabkan oleh asam asetat yang merupakan bahan utamanya.

Sebagian besar bakteri tidak berkembang dengan baik di lingkungan asam, artinya jika Anda meminum cuka apel sebelum tidur, Anda dapat mengurangi bau nafas pagi karena adanya bakteri Helicobacter pylori.

Ketiga, mendukung penurunan berat badan

Sebuah penelitian yang mempelajari efek panjang cuka apel pada kesehatan menemukan bahwa konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan, meskipun memang dalam jumlah yang sedikit.  

Cuka apel kemudian dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, penelitian yang membahas seputar hal ini masih sangat terbatas.

Beberapa ahli juga menegaskan, cara menurunkan berat badan yang baik dan benar yaitu tetap dengan menjaga pola makan sehat diiringi dengan olahraga.

Selain beberapa manfaat tersebut, cuka sari apel yang diminum menjelang tidur ternyata juga memiliki beberapa potensi kerugian, terutama jika dikonsumsi berlebihan.  

Pertama, merusak enamel gigi. Seperti cuka-cuka lainnya, minum cuka sari apel secara teratur dapat merusak enamel gigi Anda dengan cara dikikis. Untuk mencegah hal itu, upayakan untuk selalu membilas mulut Anda setelah minum minuman asam.

Kedua, dapat berinteraksi dengan obat Anda. Cuka apel dapat menurunkan kadar kalium dalam darah Anda. Hal ini dapat menciptakan interaksi dengan obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk diuretik dan obat diabetes.

Pada dasarnya, mengonsumsi cuka apel sebelum tidur memberi dampak positif bagi kesehatan, meskipun penelitiannya masih terbatas. Namun, konsumsinya jangan berlebihan karena memiliki efek samping yang justru bisa memberi dampak tidak baik bagi kesehatan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, berat badan